HEADLINE NEWS

Kategori

Iklan

Bijak Hadapi Cuaca, Satgas TMMD Lapisi Bahan Cor dengan Plastik


BANGUN PURBA
- Curah hujan yang turun terus menerus, membuat Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS harus bijak mengambil sikap. Agar tidak terkendala dengan faktor alam itu, mereka menutupi jalan dengan plastik sebelum dicor.

Itulah yang terjadi, Selasa (6/7/2021) malam. Tindakan itu diambil, mengingat tanah yang selalu basah dan berlumpur akibat diguyur hujan berkepanjangan. Sehingga pengecoran tidak lagi tergantung dengan kondisi cuaca. 

Seperti diketahui, akhir-akhir ini pengerjaan jalan dengan konstruksi rigid beton kerap terkendala dengan faktor cuaca. Hujan yang kerap turun menjadi persoalan besar yang dihadapi Satgas dalam menyelesaikan pembuatan jalan. Lahan yang sudah dibuka menjadi becek, licin dan berlumpur.

"Persoalan ini menjadi hal yang sangat mengganggu pengerjaan jalan dengan konstruksi rigid beton. Berbagai kendala terjadi saat kondisi badan jalan becek dan berlumpur. Tidak hanya menghambat proses pengecoran, tapi juga menjadi kendala bagi truk-truk pengangkut material," ujar Pawas TMMD, Kapten Kav Ishak Iskandar.

Untuk mengantisipasi hal itulah, akhirnya diambil tindakan untuk melapisi badan jalan dengan plastik sebelum proses pengecoran dilakukan. Hal ini membuat pengecoran lebih mudah karena tidak menunggu badan jalan kering. Selain itu, dampak positif lainnya adalah kualitas cor juga lebih tahan lama.

Sampai Senin (5/7/2021) kemarin, semenisasi jalan telah mencapai 1.906 meter atau setara 74,89 persen dari rencana sepanjang 2.545 meter dengan lebar 4 meter.   



“Jalan pertanian yang dulu masih berupa tanah, dan kini sudah disemen Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS ini juga telah mengatasi kendala warga ketika hendak pergi ke kebun maupun aktivitas lainnya,” tambah Pawas TMMD Kodim 0204/DS, Kapten Kav Ishak Iskandar yang juga turun ke lokasi. 



Dikala musim hujan, warga kesulitan membawa hasil panen dikarenakan jalan yang dilalui becek dan berlumpur. “Tapi beberapa hari ke depan, impian warga sudah diwujudkan Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS dengan menyelesaikan jalan pertanian yang telah disemen,” ucap Kapten Ishak.



Tak dipungkiri Kapten Ishak, salah satu tujuan TMMD Ke-111 ini adalah mewujudkan kebersamaan TNI dengan rakyat dan membantu mempermudah ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk akses jalan.


“Dengan adanya semenisasi jalan yang sudah dibuat ini, diharapkan kepada warga dan Babinsa tempatan untuk menjaga dan merawatnya, agar tetap nyaman dalam beraktivitas di kemudian hari,” harap Kapten Ishak.


 (Sumber: Kodim 0204/DS)

Previous
« Prev Post